TIPS MENGATASI CUACA PANAS PADA TERNAK LOVEBIRD, PARKIT DAN BURUNG PARUH BENGKOK LAINNYA

Cuaca panas sangat berpengaruh pada peternakan burung yang memakai glodok sebagai media sarangnya. Seperti Peternakan Lovebird, Parkit dan burung paruh bengkok yang lainnya. Suhu yang terlalu panas / extrim akan sangat berpengaruh terhadap indukan yang mengerami telurnya karena merasa kepanasan dan ini membuat indukan sering keluar glodok dan meninggalkan telurnya. Panas yang berlebih akan menyebabkan embrio yang sudah berhasil dibuahi akan mati.

Langkah – langkah mengatasi suhu yang terlalu panas di dalam glodok :

  • Menambah lubang angin atau fentilasi tambahan agar udara bisa masuk. Hal ini agar sirkulasi udara dalam ruangan penangkaran lebih bebas dan suhu ruangan bisa stabil.
  • Menambah lubang pada glodog supaya suhu didalam glodog tidak pengap dan tidak terlalu panas.
  • Sekitar Jam 11.00 – 13.00 WIB kasih daun yang masih hijau / kangkung taruh di tempat sayuran, nanti indukan akan membawa masuk daun hijau tersebut untuk dijadikan bahan sarang tambahan, sebagai media menjaga suhu kelembaban didalam glodog karena burung lovebird mempunyai insting untuk menjaga kelembaban didalam glodog tersebut.
  • Jika telor sudah menetas dan suhu cuaca masih extrim, terus diulangi langkah – langkah diatas sampai anakan burung lovebird atau paruh  bengkok lainnya di panen.
  • Upayakan air minum setiap hari diganti supaya air tidak kotor.
Batang Kangkung sebagai bahan sarang tambahan
Batang Kangkung sebagai bahan sarang tambahan untuk menjaga kelembaban didalam glodog.
Telor burung lovebird berhasil menetas
Telor burung lovebird berhasil menetas dengan maksimal walau suhu cuaca sangat panas / extrim.

Pengalaman di kandang penangkaran NutriCG, biasa memberikan kangkung, rumput atau daun yang masih hijau. dengan langkah – langkah diatas telor lovebird bisa menetas dengan maksimal sampai anakan burung di panen.

Tag ,,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *