Memelihara Lovebird

Foto Ilustrasi

Banyak Hobbies yang sudah paham cara beternak Lovebird namun hingga saat ini masih banyak pemula yang bertanya ke saya bagaimana cara memelihara Lovebird yang baik dan benar. Beternak Lovebird bukanlah suatu hal yang sulit karena Lovebird merupakan jenis burung yang mudah beradaptasi dan tidak memerlukan perhatian yang berlebihan. Lovebird bisa berproduksi sepanjang tahun bahkan disaat musim dingin . Tetapi jika anda ingin beternak Lovebird yang berkualitas untuk mengikuti lomba maka ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan. 

Hal Pertama adalah Tempat atau Ruangan Ternak. sebenarnya untuk beternak Lovebird tidak diperlukan  tempat yang khusus. kita bisa memanfaatkan basemen, loteng atau ruangan kosong yang tidak terpakai. Yang harus diperhatikan adalah ruangan tersebut memiliki ventilasi yang baik. Ruangan didalam rumah adalah yang terbaik karena bisa terhindar dari udara di musim dingin. Jika ruangan ternak berada di luar  rumah maka diperlukan penghangat ruangan ketika musim dingin tiba. Lovebird bukan burung yang “Rewel” namun jangan lupa bahwa habitat asli mereka adalah di iklim yang panas. Oleh karena itu sebaiknya temperaturnya dijaga agar selalu berada diatas 10 derajat.

Pilihan terbaik tentu saja ruangan yang besar, terlindungi dari cuaca dingin dan mempunyai jendela yang cukup besar supaya sinar matahari bisa masuk. Ditambah satu atau dua kandang umbaran maka ini menjadi pilihan yang sempurna. Ukuran kandang ternak sebaiknya jangan terlalu kecil karena pasangan yang diternak akan berada disana selama enam bulan (ini jika rencana anda adalah dua kali produksi dalam setahun). Kandang ternak berukuran panjang 80 cm atau 1 meter adalah ukurang yang ideal. Kandang umbaran sangat diperlukan terutama untuk burung – burung muda supaya mereka bisa melatih otot sayap  terbang mereka sehingga lebih sehat dan bisa tumbuh  kembang dengan baik.

Kandang umbaran juga bisa berfungsi sebagai tempat mengumbar burung dewasa ketika musim  ternak sudah lewat. ukuran kandang umbaran yang bagus tergantung dari jumlah burung yang akan  dimasukkan ke kandang tersebut. contoh, Jika anda mempunyai 5 pasang Lovebird dan setiap pasang direncanakan  untuk ber produksi 2 kali, maka anda perlu kandang umbaran yang bisa menampung sekitar 30 hingga 40 ekor burung Lovebird. Hitungan sederhananya setiap cbm (cubic meter) bisa menampung 6 -7 ekor burung. Jika anda membangun tempat untuk beternak diluar ruangan, pastikan bahwa sebagian atapnya harus tertutup agar lovebird bisa  berlindung dari hujan dan panas yang berlebihan.

anda juga bisa menutup bagian samping kandang dengan plastik atau material lainnya agar burung terhindar dari gangguan predator seperti kucing, tikus dll. Bagian bawah kandang bisa dilapisi dengan pasir dan pastikan bahwa kandang memiliki sistem drainase yang cukup bagus agar air cepat terbuang ketika hujan. Pemberian tanaman tidak ada gunanya karena akan rusak dalam sekejap. Lebih baik letakkan beberapa potong kayu agar lovebird sibuk dengan kayu itu sepanjang hari.

Ruangan ternak sebaiknya dilengkapi dengan penerangan yang cukup, selain untuk penerangan lampu ini sangat berguna jika anda ingin beternak dimusim semi, musim dingin atau ketika musim rontok karena dalam periode ini sangat sedikit sekali terdapat sinar matahari. dalam masa itu, penting sekali bagi burung untuk mendapatkan pencahayaan selama 14 hingga 16 jam sehari agar mereka mempunyai kesempatan yang banyak untuk meloloh anakannya. Penerangan yang tidak cukup akan menghambat tumbuh kembang anakan Lovebird karena indukan tidak bisa melihat tempat pakan dan berakibat indukan tidak bisa meloloh anakan. Anak burung juga rentan terkena penyakit jika pencahayaan kurang baik. 

Semoga Berhasil,.

 

Oleh : Dominique Veeckmans

Tag ,,,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *