AGAPORNIS PERSONATUS

AGAPORNIS PERSONATUS ditemukan pada 1877 di timur laut Tanzania. Wilayahnya terletak hanya sekitar enam puluh kilometer arah tenggara dari jangkauan lovebird Fischer, kerabat terdekatnya. Pohon yang berlubang bisa menjadi tempat untuk bersarang. Personatus / Lovebird bertopeng berwarna hijau muda (atau bentuk di alam liar) memiliki kepala hitam pekat. Kerah kuning memanjang dari leher belakang ke punggung. Sayap dan punggung berwarna hijau. Begitu juga bagian bawahnya meski warnanya lebih terang. wing bend / Bengkok sayap berwarna kuning, bulu rump biru tua bulu ekor berwana hijau. Paruhnya berwarna merah tua, cere dan di sekitar mata berwarna putih. Kakinya abu-abu dan kukunya berwarna hitam.

Pada Species ini Personatus memiliki panjang tubuh rata-rata 15 cm dan bobot antara 43 – 47 gr, dan sangat sulit untuk membedakan Jenis kelaminnya, karena keduanya mempunyai kemiripan dalam ciri fisik. Namun bisa juga dilihat dari tingkah lakunya.

AGAPORNIS PERSONATUS
AGAPORNIS PERSONATUS GREEN

Kenapa pada kerah Personatus / Dakori terutama pada bagian dada atas (garis marking topeng) selalu muncul bercak warna merah dengan intensitas yang berbeda beda walaupun dari induk yang berkerah kuning bersih pun keturunannya terkadang bisa muncul bercak warna merah tidak seperti induknya, istilah familiernya kita sebut BOCOR. Karena memang pada struktur bulu Personatus terutama pada bagian topeng / mask mengandung PIGMEN PSITTACIN Merah yang sewaktu waktu akan muncul di personatus.

Gallery kandang ternak NutriCG atau Ring : ARF LMG

AGAPORNIS PERSONATUS GREEN

Tag ,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X
WhatsApp Admin NutriCG